melahirkan saat positif covid

 SAYA MELAHIRKAN SAAT POSITIF COVID!

Sebelumnya cerita saya pernah saya bagikan di twitter dan instagram saya. Tapi sebelumnya saya mau bilang, POSITIF COVID BUKAN SUATU AIB NAMANYA LAGI PANDEMI SIAPA AJA BISA KENA SEKALIPUN UDAH MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN!

1 tahun lebih sudah kita melewati masa pandemi virus covid-19 ini, tapi gak nyangka saya dan keluarga jadi salah satu penyintas covid-19. Disaat semuanya terasa sudah terlewati, pada bulan Januari 2021 lalu saya kehilangan ayah mertua saya karena covid-19. Maka saya putuskan untuk menuliskan pengalaman saya yang pernah mengalami menjadi orang dan keluarga menderita covid-19.

Jadi awalnya saya ikut swab gratis dari kantor tanggal 11 Juli 2020 sama ayah saya. Sebenarnya maksud saya hanya menemani ayah, supaya ayah saya bisa pake hasil swabnya untuk naik pesawat. Sebelumnya tanggal 9 Juli saya sempat gak enak badan, gak sampe demam cuma gak enak badan aja. Habis itu batuk pilek tapi sehari sudah sembuh.

Nah dari saat saya swab ini batuk pilek saya udah sembuh, tapi beberapa hari kemudian saya merasakan hilang indra penciuman (anosmia). Dan saya baru menyadari hal ini setelah saya mengganti parfum mobil tapi kok gak ada wanginya. Terus saya ngomong saat di mobil dengan adik saya "kok parfum mobil baru diganti ga kecium apa-apa sih", adik saya malah bilang "apaan ini wangi banget mobil". Disitu saya mulai curiga nih jangan-jangan saya positif covid. Saat itu posisi saya sedang hamil 9 bulan.

Saya terus menanyakan hasil swab saya ke teman saya yang panitia tapi katanya belum ada. Bahkan teman saya bilang, "tenang, ga ada yg negatif kok pegawai kita". Baiklah kalau begitu dan sayapun tetap beraktivitas seperti biasa walaupun ada ketakutan kalau saya positif covid. Mau izin WFH tapi takut dibilang lebay dan gak diizinkan sama atasan, tapi untungnya saat itu saya sedang pelatihan brevet online jadi saya izin buat gak masuk kantor supaya fokus pelatihannya (kalo pelatihan emang dibebastugaskan dari pekerjaan kantor) dan syukurnya atasan saya mengizinkan, saya hanya beberapa kali ke kantor itupun hanya sebentar untuk menggunakan sistem di kantor.

Tanggal 20 saat bangun tidur saya merasa gerakan bayi saya tidak seaktif biasanya, saya sarapan sereal biasanya gerakannya langsung terasa, pagi ini gerakannya gak ada. Akhirnya karena tanggal 20 saya ujian brevet dan udah janjian sama temen-temen lain yg juga pelatihan buat ujian bareng, saya berangkatlah ke cabang buat ujian bareng. Sampe jam 12 siang dan ujian selesai gerakannya juga masih gak kerasa. Saya mulai khawatir dan langsung pergi ke klinik Brawijaya buat cek kandungan dan hasilnya janin baik-baik saja, detak jantungnya normal walaupun terlilit tali pusar tapi memang digoyang-goyang perutnya dia tetap gak gerak. Akhirnya dokter menyarankan saya buat NST (semacam tes detak jantung janin) dan hasilnya juga baik-baik saja. Selesai cek kandungan saya menerima telfon dari atasan saya yang memberi tahu kalo hasil swab saya tanggal 11 positif. Rasanya tuh kaya ga percaya, bingung, panik, khawatir, segala campur aduk. Hp saya langsung rame chat dari teman-teman kantor yg menanyakan apa benar saya positif covid.

Saya langsung dihubungi suami dan ayah saya yang ternyata sudah lebih dulu tau karena dikabari oleh atasan saya. Dan saya berusaha buat tenang dan berpikir positif karena selama ini saya gak ada gejala yang berat, hanya tidak bisa mencium bau. Tapi yang saya khawatirkan bayi dalam kandungan saya, apa karena saya positif covid jadi pergerakannya berkurang. Sampe rumah saya langsung ganti baju masuk kamar masih sempet makan dulu sampe tiba-tiba jam 8 malam ada cairan bening yg keluar seperti pipis. Saya tanya dokter kandungan saya takutnya air ketuban dan kalo mau ke RS dokternya sudah mengabari IGD RSHS dan Borromeus (baik bgt asli dokternya namanya dokter Ratna praktek di RS Borromeus). Niatnya besok pagi mau ke RS tapi jam 9 cairannya keluar lagi, gak mau nunggu besok langsung ke RS. Sampe RS saya dibawa ke gedung khusus pasien covid, diperiksa dalam belum ada pembukaan/mules sama sekali tapi ketuban pecah dini. Akhirnya tengah malam saya SC dan alhamdulillah bayi laki-laki saya lahir ke dunia ini dengan selamat. Saya gak bisa IMD dan hanya mendengar suara tangisannya :")

Setelah selesai operasi dibawa pake kasur begini. Karena dirawat di gedung covid saya tidak boleh ditemani oleh siapapun jadi ya kalo butuh bantuan panggil perawat. Sedihnya karena perawatnya pake APD lengkap dan harus jaga jarak gak bisa begitu membantu juga. Hari kedua pagi hari saya sudah mandi SENDIRI, gak di lap karena gak ada yg ngelap. Keluarga saya juga sampe kaget saya udh mandi di hari kedua.😅

Pokoknya butuh apa-apa ambil sendiri, kebayang kan luka SC masih nyeri bgt tuh! Hahaha😆 

Belum lagi kalo ke wc duh ribetnya ampun karena saya di infus antibiotik 1 minggu untuk nyembuhin infeksi luka pasca SC jadi harus bawa-bawa tiang infus sambil nahan nyeri luka SC.

Hari ketiga saya mulai demam menggigil karena infeksi + asi mampet. Tau ga sakitnya asi mampet tuh lebih-lebih sakit luka operasi😅

Dan lagi-lagi karena saya covid saya hanya diberi sumagesic, ga ada breastcare. Saya cuma ngeyoutube cara melancarkan asi mampet. Pijit2 payudara sendiri, kompres air hangat sendiri, nangis sendiri. Saya sampe trauma melahirkan karena serba sendiri akibat dirawat di gedung covid😂

Kalo ditanya saya ketularan darimana? Jawabannya gak tau. Karena saya WFH 3 bulan sejak Bandung PSBB, sialnya pas saya masuk hamil 9 bulan eh PSBB udahan dan saya disuruh WFO lagi! Saya udah khawatir ketularan covid waktu harus WFO, mana lagi hamil 9 bulan dan ternyata bener ketularan. Tapi saya gak tau ketularan dimana, padahal saya udah melakukan protokol kesehatan. Kemana-mana cuci tangan, pake handsanitizer, selalu pake masker dan jaga jarak.

Tanggal 21 dan 22 saya di swab lagi dan hasilnya masih positif. Keluarga saya juga di swab dan hasilnya ibu dan adik laki-laki saya positif tapi adik perempuan saya yg justru minum 1 botol sama saya selama saya positif, sharing es krim, tidur sekamar pake ac malah negatif. Ayah saya juga negatif. Aneh bgt kan😅

Suami juga datang dari Surabaya dan pas di swab, dia juga positif. Tapi sepertinya ketularan dari Surabaya. Bayi saya juga di swab (hiks), alhamdulillah hasilnya negatif.

Bayi saya boleh pulang duluan, diurus sama ayah dan bibi saya di rumah yg berbeda. Sementara adik laki-laki, ibu dan suami isolasi mandiri di rumah. Dan emang ya kenapa orang takut kalo positif covid, warga komplek saya sempet nyinyir liat ayah saya yg bolak balik antar makanan ke rumah (padahal cuma sampe gerbang). Karena katanya takut menularkan virusnya di udara. Lah kalo gak ayah saya yg anter terus itu orang rumah mau dikasih makan apa? Sementara gojek dan paket ditahan di pos satpam, terus satpamnya kalo nganter makanan ke rumah bisa berjam-jam sampe udh kelaperan. Mana tuh katanya warga yg ngasih bahan makanan, di komplek saya ga ada. Sampe saya chat ibu RTnya karena kesel liat warga yg nyinyir.

Tanggal 27 saya di swab lagi dan hasilnya sudah negatif. Hanya berselang 5 hari dari swab yg hasilnya positif udh bisa negatif. Adik laki-laki dan suami saya juga sudah negatif seminggu setelah swab terakhir, ibu saya yg agak lama hasil swabnya negatif tapi akhirnya skrg udah negatif. Keluarga saya juga ga ada gejala sesak nafas, hanya sempat batuk beberapa hari. Di RS saya ga dikasih obat-obatan khusus buat covid, saya dikasih antibiotik karena luka pasca SC saya infeksi yg menyebabkan saya demam tinggi terus menerus. Selebihnya saya dikasih vitamin biasa Theragran. Akhirnya saya bawa vitamin sendiri dari suami.

Menurut saya kalo positif covid dan tanpa gejala/gejala ringan, ISOLASI MANDIRI DI RUMAH SAJA, TIDAK PERLU KE RS!

Obat-obatan yg dikonsumsi untuk batuknya hanya Actifed dan Fluimucil untuk mengencerkan dahaknya. Minum air putih yg banyak, minimal sehari 3 liter. Untuk hilang indra penciumannya nasal spray yg berisi air garam semprotkan ke hidung 3x dilakukan 3x/sehari

Vitamin untuk meningkatkan imun : Propoelix, BD Gard/Ezy Gard, Becomzet, Vitamin C 1000mg/CDR/Redoxon.

Pagi-pagi perut kosong air hangat dicampur minum madu dan perasan lemon. Sikat gigi lidahnya sampe rada dalem dan kumur pake air garam/listerine/betadine kumur.

Begitu pengalaman saya menjadi pasien covid walaupun gejala yg saya rasakan hanya hilang indra penciuman, suami tanpa gejala, adik dan ibu hanya batuk beberapa hari. Tapi kita gak pernah tau kalo tubuh orang lain merespon seperti apa terhadap virus ini. Jadi tetap jaga kesehatan, rutin konsumsi vitamin, makan yg bener, jangan begadang. Sekarang saya sudah sehat dan pulang dari RS semenjak hasil swab negatif dan sudah berkumpul sama bayi serta keluarga. Anggota keluarga yg positif juga sekarang sudah negatif. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan😇

Informasi tambahan tentang biaya perawatan. Tagihan biaya perawatan untuk bayi saya 15 jt, bayi saya di inkubator dan diobservasi di gedung yg sama dengan saya tapi beda lantai selama 7 hari karena hasil swabnya blm keluar jd dianggap suspect covid, semua dibayarkan asuransi kantor BNI Life.

Tagihan untuk biaya perawatan saya 55 jt, udh include tindakan operasi SC, rawat inap 12 hari, swab 3x dari labkesda, obat2an untuk infeksi luka SC, semua juga dibayarkan asuransi kantor BNI Life. Jadi saya gak keluar uang sepeserpun. Pokoknya cinta bgt sama BNI Life yg udah cover biaya perawatan saya dan bayi saya full😭❤️

Foto pas digantiin perban luka SC sama suster dengan APD lengkap.


ruangan tempat saya di rawat selama 14 hari lamanya :')


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW DAN BIAYA VENDOR PERNIKAHAN BANDUNG

REVIEW DAN BIAYA VENDOR LAMARAN BANDUNG

Seleksi Officer Development Program (ODP) BNI