REVIEW DAN BIAYA VENDOR LAMARAN BANDUNG

2 Februari 2019, tanggal aku memutuskan untuk menerima lamaran seorang laki-laki yang kini sudah resmi menjadi suami.
Awalnya aku juga bingung mencari tempat yang tepat untuk melakukan prosesi ini. Terlebih pikirku saat itu, kenapa gak di rumah aja sih?
Tapi mamah keberatan untuk melaksanakannya di rumah dengan alasan repot beres-beresnya, mending di tempat makan tinggal pulang dan tempatnya juga lebih luas untuk menampung keluarga yang akan datang.
Setelah aku pikir-pikir, benar juga. Mulailah aku hunting tempat dan vendor lainnya untuk acara lamaranku.

1. VENUE & CATERING
Awalnya aku ingin di restaurant Atmosphere, karena pernah liat salah satu temanku yang lamaran di tempat ini, tempatnya juga luas dan semi outdoor serta harganya yang juga tidak terlalu mahal menurutku. Harganya mulai Rp.87.500,-/pax untuk paket prasmanan.
Instagram : @atmospherecafe
WA : 08981794125

Tapi sayang karena di tanggal yang aku mau sudah penuh jadi aku mencari tempat lain.
Lalu coba lagi nanya ke Tjendana Bistro, kalau ini tempatnya juga sama semi outdoor gitu. Makanannya pun sama ada paket prasmanan, tapi harganya lebih mahal dari Atmosphere. Harganya di atas 100rb kalau gak salah. Tempat ini juga sering dipakai untuk lamaran dan wedding, salah satunya yang lamaran disini, penyanyi dan juga penulis cerita horror Risa Saraswati. Tapi gak jadi lagi karena orangtua gak setuju dengan lokasinya yang super jauh dari rumah dan sering macet.
Oke fix cari lagi.
Instagram : @tjendanabistro

Akhirnya pilihanku jatuh ke Kapulaga Bistro, ntah kenapa tiba-tiba teringat tempat ini karena tahun lalu pernah munggahan sama orang kantor disini. Waktu itu aku mikir bagus banget tempatnya, ada tamannya, perosotan buat anak kecil dan luas, cocok banget buat acara lamaran. 
Pas nanya ternyata di tanggal itu kosong untuk acara lamaran, langsung lah booking. Harga untuk paket prasmanannya aku pilih yang paket dengan harga Rp.108.000,-/pax (net) untuk 100 orang. 
Ada biaya tambahan Rp.500.000,- untuk keperluan sound. DP 1 juta dan pelunasan maksimal H-3 acara. Dapet test-food gratis juga kalau pesan 100 pax atau lebih. Lumayan makan siang gratis :p
Dapet makanan dari daging sapi, daging ayam, mie, sayur, desert es buah gitu dan minuman jus.
Pas acara sepertinya tamu yang datang lebih dari 100 orang, tapi untungnya makanan yang disediakan tidak habis bahkan masih nyisa.
Instagram : @kapulaga.bdg

2. DECORATION
Agar semakin ciamik untuk keperluan dokumentasi, vendor dekorasi juga perlu dipikirkan dan dipilih dengan pertimbangan. Waktu itu aku ingin dekorasi dengan tema rustic, dengan daun-daun kering dsb. Waktu itu aku sempat bertanya ke salah satu vendor spesialis outdoor yaitu Elior Design harga untuk acara lamaran, Elior memberi harga mulai dari Rp.8.000.000,-. Hasil karya mereka memang selalu membuat decak kagum, tapi sayang out of my budget jadi aku mencari vendor dekorasi lain dengan hasil yang mirip dan harga yang lebih bersahabat tentunya.
Pilihanku jatuh ke @littleflowers.bdg, untuk back drop, welcome sign, bunga-bunga segar dan perintilan lainnya aku mendapat harga Rp.4.000.000,-!
Tentu saja aku langsung deal dengan harga dan fasilitas yang ditawarkan :D
Walaupun harganya murah tapi kualitas dekornya sama sekali gak murahan, akupun amaze dengan hasilnya.

3. PHOTOGRAPHY
Nah untuk vendor dokumentasi sendiri aku sudah banyak bertanya kesana-kesini, membandingkan harga, kualitas dan hal yang ditawarkan tiap vendor itu sendiri.
Untuk dokumentasi aku memilih @royalphotocinema, karena harga yang terjangkau, kualitas foto ciamik dan fasilitas yang diberikan. Aku ambil paketan mulai dari lamaran, prewedding sampai wedding day oleh Royal, total harga yang diberikan untuk paket ini Rp.16.500.000,-! 
Karena mengambil paket sampai wedding day, untuk acara lamarannya sendiri harga yang dikenakan hanya Rp.3.000.000,- sudah termasuk video cinematic juga. 
Untuk hasilnya juga bagus, banyak momen-momen kecil yang terabadikan dengan baik.

4. MAKE-UP ARTIST
Untuk make-up artist di hari lamaran aku memilih @citramonika_makeup, dengan harga Rp.500.000,- saja sudah termasuk hair-do juga. 

5. MC
Kalau MC aku mempercayakan ke a' @risnady_riky, MC langganan tiap acara BNI. Karena kenal dan bekerja di bawah bendera yang sama jadi dapat potongan harga jadi Rp.800.000,- saja~
A riki ini juga menjadi MC di acara pernikahanku, tentunya masih dengan "harga temen".
Yang aku apresiasi dari beliau ini kemampuan untuk berimprovisasi dengan acara tanpa banyak meeting. Karena waktu lamaran ternyata orang yang direncanakan jadi perwakilan dari keluargaku datang (sangat) terlambat dan digantikan oleh Bapak Tuaku. Dan berkat MCnya juga acara berjalan dengan lancar walau ada perubahan dadakan.

Jadi total biaya yang aku keluarkan untuk acara ini :
1. Venue & Catering : Rp.11.300.000,-
2. Decoration : Rp.4.000.000,-
3. Photography : Rp.3.000.000,-
4. MUA + hair do : Rp.500.000,-
5. MC : Rp.800.000,-
Total : Rp.19.600.000,-

Yap, lumayan menguras dompet bukan?
Untuk biaya lamaran ini ditanggung oleh pihak perempuan yaitu aku sebagai pihak yang menerima. Karena biaya yang tidak sedikit, tentunya acara lamaran haruslah dipersiapkan dengan matang tidak hanya persiapan materi tapi juga mental dan hati masing-masing pasangan.
Karena juga banyak pasangan yang telah melakukan acara lamaran ternyata batal menikah. Hal ini tentu dapat dihindari kalau hati sudah yakin sepenuhnya dengan pasangan.
Ingat, jangan terburu-buru melakukan lamaran kalau belum 100% yakin dengan pasangan. 
Karena walaupun belum sapai tahap pernikahan, saat sudah terjadi acara lamaran tentu kedua belah pihak keluarga sudah mengetahui rencana itu.
Semangat yang sedang merencanakan!












Komentar

  1. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus
  2. Semoga sharingnya bermanfaat buat yang lagi membutuhkan informasi-informasi seputar pernikahan. Thanks sudah sharing

    BalasHapus
  3. HALO CALON PENGANTIN, penting banget nih buat dibaca saat mempersiapkan pernikahan!
    Swasana seskoad grandballroom memiliki all in package yang sudah termasuk:
    1. Catering
    2. Dekorasi
    3. Makeup & Attire
    4. Music Entertainment
    5. Photo & videography
    6. Upacara Adat
    7. Wedding planner, Wedding consultant
    8. Wedding organizer
    9. Wedding car
    Ga perlu keribetan lagi mempersiapkan pernikahan, tinggal duduk manis sambil membayangkan dream wedding kalian
    Untuk survey venue dan konsultasi gratis hubungi aku yaa
    Whatsapp 081316644541 – Nadya Fadilla (Wedding consultant)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW DAN BIAYA VENDOR PERNIKAHAN BANDUNG

Seleksi Officer Development Program (ODP) BNI