REVIEW DAN BIAYA VENDOR PERNIKAHAN BANDUNG

Hari ini tepat sebulan aku telah melangsungkan pesta pernikahan. Aku bersyukur hari-hari yang sibuk dan ketakutan-ketakutan kalau acara gak berjalan sesuai rencana itu udah lewat! Yeay!
Dan dimulailah hari-hari dengan tanggungjawab dan masalah yang lebih berat. Kalau kata teman kantorku yang analis kredit, "pernikahan itu kaya kredit, masalah itu dimulai setelah AKAD" okesiap! hahaha
Anyway mau bahas persiapan pernikahanku dulu, biayanya dan review hasil dari masing-masing vendor. Saranku sebaiknya ketika lamaran itu sudah ditetapkan tanggal pernikahan, dulu aku lamaran sekaligus juga pengumuman tanggal pernikahan kepada keluarga. Karena itu akan memudahkan untuk menetapkan target setiap vendornya.
Langkah awal, putuskan kamu mau pilih beli paket all-in pernikahan dari vendor atau kamu memilih sendiri. Kalau aku  memilih vendor sendiri dan melakukan pembayaran langsung ke masing-masing vendor. Kalau kamu memakai vendor dengan paket pernikahan all-in, selalu konfirmasi ke masing-masing vendor tiap udh melakukan pembayaran. Tanyain udah masuk berapa persen dari total yang harus dibayarkan. Untuk menghindari kasus-kasus penipuan pernikahan yang vendornya kabur. Lebih baik repot sedikit daripada keluarga harus menanggung malu kan?


1. Gedung (ITENAS)
Jujur sebelum fix dapet gedung, aku selalu susah tidur tiap malem. Karena nyari gedung yang kapasitasnya sesuai tamu undanganku di kota Bandung itu susyaaahhh. Dan kalau gak dapet gedung opsinya di hotel yang pasti biayanya juga makin mahal. Untuk acara resepsi, aku  mencetak 500 undangan maka diasumsikan tamu yang akan datang sebanyak 1000 orang. Ini daftar beberapa gedung yang sempet aku tanyain :
  • Gedung Mepro Hall (Bp. Nando - 085234789789)
  • Gedung Biofarma (022- 2033755)
  • Gedung Secapa AD (0818220084)
  • Gedung Graha Sanusi UNPAD (Bp. Abo - 08122052701/ Bp. Yayat - 085222229788)
  • Gedung Seskoad (022-7311041)
  • Gedung Bale Sartika (Yesi HIS - 085723503203)
  • Gedung Kologdam (Avi HIS - 087822011363)
  • Gedung Pos (081320561141)
  • Gedung Bale Dayang Sumbi ITENAS (Aldy - 08112281210)
Awalnya aku hampir booking di gedung Bale Sartika/Kologdam tapi harus ambil paket pernikahan all-in dari WO-nya HIS. Dan setelah aku perhitungkan biayanya dengan menghubungi satu-persatu vendor dan menanyakan biayanya dengan apa yang aku dapat di paket tersebut, harganya jauuuuuh lebih mahal dibanding aku di gedung lain bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jujur bisa selisih 20-30 juta lebih dengan asumsi biaya gedung 30 juta dan paket WO 20 juta. 
Jadilah aku memilih gedung ITENAS, gedung ini menurutku cukup luas untuk menampung 1000-1500 tamu undangan.
Fasilitas yang dikasih :
- Listrik 30.000 watt
- Voucher free parkir untuk pengantin dan keluarga
- AC central dan 14 AC di sisi ruangannya
Karena acara resepsiku dilangsungkan malam hari jadi tamu yang dateng berbarengan, nah ini kalau kalau kapasitas gedungnya ga memadai bakal padet banget, sesak dan ruanganpun panas.
Kelebihan gedung ini menurutku, kapasitasnya memang memadai, gak penuh sesak dan ruangan gak panas karena emang ACnya yang banyak. Terus ruang untuk dandan dan ganti baju pengantin beserta keluarganya itu lho, luas dan bersih. Bener-bener nyaman bahkan ada toiletnya sendiri. Dan ada lampu yang terpasang di kaca meja rias jadi membantu banget untuk make-up artistnya.
WC umumnya juga bersih untuk tamu undangan. Aku juga dapat bonus free foto dan cetak di photo booth unlimited untuk para tamu undangan.
Kekurangan dari gedung ini tidak menyediakan genset, jadi kamu harus menyiapkan sendiri kalau-kalau listrik padam atau kelebihan pemakaian. Dan sehari setelah hari pernikahanku itu terjadi pemadaman listrik massal se-Jakarta dan Jawa Barat. Beruntungnya aku itu tidak terjadi di hari pernikahanku. Tapi di hari H aku tetap minta persiapan genset kalau-kalau ada kelebihan pemakaian listrik. Dan 1 lagi yang sempat jadi pertimbangan, katanya banyak mahasiswa yang ikut makan, tapi aku pikir-pikir mahasiswa sampe ikut makan ke pesta nikahan itu mungkin butuh berhemat untuk hal yang lain jadi ya sekalian sedekah juga. Lagian seberapa besar sih porsinya, paling juga berapa orang sih gak bakal ngehabisin katering :')
Karena acaraku Sabtu malam harganya menjadi lebih mahal karena pemakaian listrik yang lebih besar. Rincian biaya gedung sebagai berikut : 
  • Sewa gedung Rp.29.000.000,- 
  • Kebersihan dan keamanan Rp.1.500.000,-
  • Deposito yang akan dikembalikan setelah acara Rp.2.000.000,-
  • Jadi total yang aku keluarkan untuk gedung sebesar Rp.32.500.000,-

2. Catering & Decoration (MINA)
Kalau aku bilang vendor yang paling top dari acara aku ya ini Mina Catering & Decoration. Emang jodoh kali ya, awalnya aku ke pameran pernikahan untuk booking Destiny catering karena dulu aku pernah datang ke acara nikahan yang cateringnya Destiny enak banget makanannya. Tapi pas di pameran itu aku datang sama temanku, kita gak dilayanin sama sekali di booth Destiny dan setelah nanya mereka sudah ada 2 acara nikahan di hari yang sama. Setelah bosan nunggu akhirnya kita keliling-keliling dulu, iseng ke booth Mina. Nyobain spagettinya sama daging lada hitamnya, beuhh enak banget. Terus aku bilang, kalau besok ada sate taichan fix aku DP nih. Dan besoknya aku dateng lagi, beneran ada sate taichan, aku coba dan enak. Langsung deh aku bayar DP Rp.5.000.000,- dan ambil paket 4 yang harganya Rp.108.500,-/pax sudah termasuk dekorasi. Terus karena aku booking waktu pameran, dikasih makanan prasmanannya 100% atau full untuk 1000 dan masing-masing stall 40%. Jumlah ini lebih besar karena biasanya catering hanya kasih 70% untuk prasmanan dan 30% untuk food stall. Oh iya, dikasih bonus juga berupa mobil Alphard di hari H dan voucher menginap di Trans Luxury Hotel yang bisa digunain kapan aja. Aku pesan catering untuk 1000 tamu undangan dan tambahan lain rinciannya sebagai berikut :
  • Catering & Decor : Rp.108.500.000,-
  • Panggung pelaminan 14 x 5 = Rp.2.100.000,-
  • Layar backdrop = Rp.1.500.000,-
  • 45 nasi box untuk Vendor = Rp.1.125.000,-
  • Genset 30 kva = Rp.1.850.000,-
  • Tambahan snack untuk akad = Rp.500.000,-
  • Total biaya yang aku keluarkan untuk katering dan dekorasi sebesar Rp.115.575.000,-
Untuk rasa makanan juaraaak, aku juga dapet banyak pujian karena makanannya enak-enak semua. Sushi, kambing guling, bebek peking, dimsum, martabak, pastanya recommended. Terus personil cateringnya juga banyak jadi gak ada tuh antrian panjang nunggu makanan atau piring kotor berserakan karena kekurangan staff. Kalau untuk dekorasinya pun juga bagus hanya kekurangannya di dekorasi photo boothnya yang aku rasa kurang maksimal. Tapi overall, aku puas banget dan bakal rekomendasiin vendor ini buat acara pernikahan kalian ^^
Contact Person : Kiki - 081322908171/Haris - 081313088873
Instagram : @minacatering.decoration





3. MUA & Attire (Raden Annisa Brides)
Aku pilih vendor ini awalnya karena suka dengan salah satu koleksi gaunnya, ternyata gaun tersebut sudah di booking orang lain di hari yang sama. Bisa dibilang RAB ini vendor attire yang sedang naik gaun, aku perhatikan kebanyakan yang memakai RAB wanita berhijab mungkin sesuai dengan koleksi pakaiannya juga. Kalau untuk pakaiannya awalnya aku agak kecewa karena kebaya yang bagus kebanyakan sudah di booking dan ternyata di hari yang sama RAB melayani 9 klien secara bersamaan, ntah kenapa di hari itu banyak sekali yang menikah hahaha. 
Tapi H-1 aku merubah konsep dan baju yang sudah aku booking. Awalnya aku mau pakai dress & jas untuk akad dan memakai baju adat sunda untuk resepsi tapi aku ganti jadi adat sunda waktu akad dan pakai dress & jass waktu resepsi. Alhamdulillah hal itu bisa diakomodir sama PICku a' Ule. Tiba-tiba ada kebaya koleksi baru yang baru banget selesai di payet dan belum ada yang booking, langsung aja aku booking. Untuk dressnya aku pakai dress Caranisa, tapi dalamannya aku pakai warna kulit. Ternyata bagus.... Emang bukan Monic kalau gak serba dadakan ya! 
Nah, MUA-nya aku pilih teh Rifqa. Karena aku suka hasil dia bikin alis yang natural, alisku yang tebal ini ntah kenapa selalu terlihat "lebay" kalau dibingkai ulang. Sedangkan teh Rifqa kemaren cuma mengisi saja. Dan yang paling penting, orangnya super fun. Kalau kamu panikan kaya aku, MUA yang bisa mencairkan suasana dengan cerita-cerita dan ketawa-ketawa itu penting banget!
Dan rambutnya dikerjain sama a' Juy, kerjanya cepet, rapih dan rambut awet gak ada drama jatuh-jatuh sepanjang acara. Teh Rifqa, a' Juy dan a' Ule di ruang dandan itu bener-bener menghilangkan kepanikanku menjelang akad deh!
Total biaya yang aku keluarkan sebesar Rp.17.500.000,- 
@radenannisabrides : Ule - 081809001343
@rifqawidya : 081220240824
@juyhairdo_makeup : 081931345110



4. Photography (Royal Photo Cinema)
Untuk urusan dokumentasi ini pasti banyak yang bingung, jujur akupun begitu karena kurangnya pengetahuan tentang ini jadi kayanya kok bagus semua ya? hahaha :(
Tapi balik lagi semua orang punya pertimbangan masing-masing, kalau aku akhirnya memutuskan memakai Royal karena memang harga dan hasil yang diberikan menurutku cocok. Jadi aku ambil paket dari lamaran, pre-wedding sampe wedding day. Karena aku ambil paket harga untuk dokumentasi foto dan video lamaran aku cuma dikenakan Rp.3.000.000,-! Jujur ini murah banget gitu, rata-rata tuh pada 5 juta ke atas beb....
Kalau menurutku Royal berhasil menangkap momen-momen spesialku dengan apik, terutama mimik-mimik muka ku yang sering gak kekontrol. Cuma mungkin karena semua timnya laki-laki kurang bisa mengarahkan gaya lebih romantis, coba untuk mas Galih dan tim perbanyak nonton drama korea dan film drama romantis lainnya! Tapi nilai plusnya Royal tuh "ayok" aja sama ide-ide aku yang terus berganti terutama waktu pre-wedding. Dari sekian banyak ideku, akhirnya pre-wedding di Dago, cuma bayar 100rb ke satpam komplek. Btw kalau ada yang butuh ide untuk pre-wedding atau pengarah gaya bisa hubungin aku ya, aku punya banyak nih :))
Total biaya yang aku keluarkan untuk dokumentasi dari lamaran sampe hari H ditambah cetak dan  layar LCD sebesar Rp.18.050.000,-
@royalphotocinema : 082117849726


5. Music (Cikallia Music)
Vendor musik emang sering disepelekan, padahal aku tuh salah satu yang suka ngedengerin penyanyi dinikahan dan makan sambil nyanyi :))
Pas awal-awal aku survey vendor musik ini kan di youtube, awalnya suka banget sama vendor musik namanya Red Velvet Entertainment dari Jakarta tapi mereka mahal sekaliiii dan ga masuk ke budget aku. Dan gak sengaja muncul akun Cikallia ini dengan penyanyinya yg bernama Ais menyanyikan lagu Mercusuar - Kunto Aji. Fix, ini vendor musik buat acara aku dan penyanyinya harus dia! Hahaha. Pas di pameran pernikahan yang sama saat aku booking Mina, aku ke booth Cikallia juga dan alhamdulillah Ais masih kosong di hari pernikahan aku. Langsung saja aku booking untuk acaraku. Aku ambil yang "Rustic Package", termasuk di dalamnya penyanyi wanita dan pria, saxophone, gitar akustik, bass, drum, violin, cello, sound system 3000 watt, penambahan keyboard dan sound system 3000 watt lagi.
Total biaya yang aku keluarkan untuk vendor musik sebesar Rp.11.800.000,-
@cikalliamusic - 081220686168


6. Wedding Organizer (The Wedding Executor)
Ini adalah vendor pertama yang pertama kali booking dalam proses persiapan nikah ini. Pertama ketemuan sama mas Dony dan istrinya di starbucks TSM buat bahas persiapan nikah, bahkan itu waktu aku belum lamaran. Nah mas Dony ini yang ngerefrensiin gedung ITENAS. Aku kan pilih paket wedding architects yaitu bantuan dari persiapan pernikahan sampe hari pernikahannya, awalnya aku pikir WO itu handle sampe urusan KUA juga tapi ternyata tetep kita sendiri yang urus, karena kan kerjaanku yang sangat menyita waktu. Waktu aku asistensinya dibantu oleh 1 PICku Oliv seperti ditemani sesi foto pre-wedding, meeting sama vendor-vendor, meeting keluarga besar dan final meeting bersama vendor-vendor. Nanti juga WO ini yang ngingetin kita di bulan ini kita harus udah nyelesaiin apa aja, misalnya beli kain bridemaids, foto prewed, setting menu dll. 
Overall aku puas banget sama pelayanan TWEX di hari pernikahan aku, tidak ada penumpukan tamu berlebihan, mengatur tamu untuk berfoto agar tidak terlalu lama, tempat VIP juga dimasukin tamu yang seharusnya, tapiiii untuk persiapan hari pernikahan aku merasa bantuan yang diberikan belum maksimal untuk pegawai kantoran seperti aku ini, tapi akan aku tetap rekomendasikan untuk teman-teman yang sedang mencari WO. 
Biaya yang aku keluarkan untuk WO sebesar Rp.16.500.000,-
@theweddingexecutor - 08977508601


7. Master of Ceremony (@risnady_riky)
MC andalankuu, karena dari lamaran aku selalu dibantu oleh a' Riky. Hebatnya dia tuh cuma sekali briefing bisa handle acara dengan sangat baik dan meriah gitu. Karena a' Riky juga teman kantorku jadi aku dikasih "harga temen" sebesar Rp.1.500.000,- untuk acara hari pernikahan dari akad sampai resepsi selesai. How lucky I am?
Contact Person : 081322278620


8. Souvenir (Sam Souvenir)
Souvenir aku beli di toko Sam Souvenir jalan Cibadak, disitu berderet tempat jual souvenir. Tapi kemarin souvenirku lucu, pouch dari songket. Bukan songket asli tentunya tapi tetap saja mirip dan lucu! Harganya Rp.8500,-/pcs. Aku pesan 600 buah jadi total biaya yang aku keluarkan sebesar Rp.5.100.000,-
Contact Person : 08996988622

9. Undangan (Shadwerk)
Undangan aku pilih vendor di dekat rumahku, Margahayu Raya! Kalo untuk vendor nikahan pengerjaan waktu standar, aku juga pakai desain yang udah ada karena males mikir lagi, harganya sama dengan souvenir Rp.8500,-/pcs. Dan untuk 500 pcs total harganya jadi Rp.4.250.000,-


Jadiiii total biaya yang aku keluarkan untuk acara ini sebesar Rp.222.775.000,-
Menurutku biaya yang aku keluarkan jauh di bawah dari biaya yang aku asumsikan sebelumnya, hal ini mengingat keluarga besar dan kenalan dari kedua orangtua kami yang cukup banyak.
Tapi ingat biaya yang aku keluarkan gak bisa dijadikan patokan karena kembali lagi setiap orang memiliki pertimbangannya masing-masing. Namun mungkin bisa dijadikan refrensi untuk para calon pengantin di luar sana, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Dan yang tidak lupa sama pentingnya, selama proses persiapan menikah ada baiknya pasangan selalu saling mendukung. Karena banyak lho pasangan yang malah jadi berantem dan gagal menikah karena tidak bisa menyatukan pikiran dalam proses persiapannya.
Walaupun udah disepakatin untuk di handle oleh 1 pihak, tetap aktif menanyakan apakah masih ada yang perlu dibantu, bagaimana prosesnya dsb. Dan hindari ribut yang gak penting, aku dulu bikin pikiran "yaudah ini cuma acara salam-salaman" supaya lebih tenang.


Yang paling penting, jangan memaksakan untuk mengadakan acara di luar kemampuanmu dan keluargamu. Kamu gak mau kan abis nikah ga punya uang sama sekali? Apalagi sampe berhutang, JANGAN! Pikirkan juga setelah menikah kalau kamu langsung dipercayakan dengan anak yang tentu juga membutuhkan biaya yang besar. Btw ini momen favoriteku dari acara pernikahanku, mangulosi dari keluarga besar Bakara <3
Semangat calon pengantin!

Komentar

  1. canggih bot pedagang besar, si tiap blog ada iklannya. hehehe...

    btw,,keren acaranya. beruntung vendor yg dapet klien tipe gini :)

    BalasHapus
  2. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus
  3. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  4. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  5. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  6. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  7. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976
    Balas

    BalasHapus
  8. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  9. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  10. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  11. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  12. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  13. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  14. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  15. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus
  16. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh J
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relation HIS Seskoad Grand Ballroom
    RATU : 087827900910 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @ratu.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    - HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW DAN BIAYA VENDOR LAMARAN BANDUNG

Seleksi Officer Development Program (ODP) BNI