Seleksi SMEDP CIMB Niaga - Psikotes & LGD

Gue mau cerita soal pengalaman pertama gue ngelamar kerja setelah lulus. Jadi gue lulus tanggal 28 April 2017 dan sesuai rencana gue setelah lulus gue ambil jeda 1 bulan untuk benar-benar liburan, belum nge-apply kerja kemana-mana.
Gue liburan ke 3 kota yang berbeda dalam 1 bulan, Labuan Bajo, Bali dan Pontianak. Oke balik ke cari kerja. Sebenernya di bulan Mei itu gue udah mulai apply kerja di 2 bank swasta dan tepat di tanggal 24 Mei gue dapat email dari BCA untuk mengikuti proses  psikotes PRO (Program Relationship Officer). Jadi sebelum nerima email undangan psikotes BCA nyuruh gue buat mengikuti tes online, kalau lulus tes onlinenya baru diundang untuk proses psikotes.
Undangan psikotes PRO BCA ini tanggal 30 Mei 2017, pukul 8 pagi di Gedung Wisma Slipi. Gue juga diminta untuk membawa kelengkapan berupa :
- Pas foto 4 x 6 berwana 1 lembar
- Fotocopy KTP
- Fotocopy transkip nilai
- Pensil HB dan alat tulis lainnya.
Gue juga diminta untuk membalas email tersebut dengan konfirmasi apakah gue dapat hadir atau tidak. Format balasannya juga sudah ditentukan oleh pihak rekruiter BCA.
Gue konfirmasi bahwa gue bisa hadir untuk mengikuti proses psikotes tersebut.


Kira-kira begini isi email yang gue terima


2 hari kemudian....
Gue mendapat email undangan proses seleksi LAGI dari CIMB Niaga di hari, tanggal dan jam yang sama dengan undangan psikotes PRO BCA. Tapi tempatnya berbeda yaa, seleksi psikotes ini bertempat di CIMB Niaga Pondok Indah.


Jadilah gue harus memilih salah satu yang akan gue ikuti seleksi.
Sebenernya pas gue apply, gue gak begitu ngerti apa itu PRO BCA dan apa itu SMEDP Cimb Niaga.
Jadi gue baca-baca lagi ke website resmi BCA dan CIMB Niaga mengenai programnya dan ketentuan selam program berlangsung.
Dari yang gue baca PRO BCA ini berlangsung selama 1 tahun, selama 1 tahun ini sistemnya iatan dinas, artinya lo gak boleh resign dan juga belum boleh menikah. Setelah 1 tahun dan kalau lo lulus, lo bakal langsung diangkat sebagai pegawai tetap.
Kalau Small Medium Enterprise Development Program (SMEDP) Cimb Niaga berlangsung selama 6 bulan, setelah 6 bulan dan kalau lo lulus lo langsung diangkat sebagai pegawai tetap dan juga sudah boleh menikah. Tapi tetap ya selama program berlangsung lo harus bersedia untuk tidak menikah dulu.
Akhirnya gue memilih untuk mengikuti SMEDP-nya CIMB Niaga, karena masa programnya yang lebih singkat.
Gue otw dari kos adik gue di Grogol jam setengah 7 pagi, sampai di kantor CIMB Niaga jam setengah 8. Kantornya masih sepi tapi udah ada beberapa orang yang duduk di bangku-bangku yang udah disediakan.
Disitu gue ketemu temen satu angkatan gue di FH Brawijaya yang lulus cumlaude dan juga dari hasil gue sksd, beberapa sudah pernah bekerja.
Karena pengalaman pertama, gue agak jiper sih awalnya ketemu lulusan dari universitas lain, cuma gue mikir nothing to lose dan lakuin yang terbaik.
Awalnya kita disuruh isi data-data diri kita, setengah 10 semua peserta diminta untuk masuk ke ruangan karena psikotes udah mau mulai. Pesertanya waktu itu sekitar 80 orang lebih.
Pertama kita diberi buku kecil yang berisi 200 soal bahasa inggris dan 100 soal psikotes dasar, psikotesnya menurut gue lumayan mudah ya karena lebih banyak ke melanjutkan gambar yang ada. Bahasa inggrisnya juga STD alias standar aja gak susah-susah amat. Dan diberi batas waktu untuk mengerjakan.
Selesai tes kita disuruh nunggu sekitar 1 jam untuk pengumuman peserta yang lulus ke tahap selanjutnya. Luckily, nama gue ada salah satu peserta yang lulus dari 20 peserta lain yang lulus.
Di kertas pengumuman yang ditempelkan ditulis keterangan seperti ini "bagi yang tidak berminat marketing tidak usah melanjutkan ke tahap ini".
Kita diberi waktu makan siang dan sholat dzuhur, jam 1 lanjut ke tes selanjutnya.
Tes selanjutnya ini kita diberi tes yang lebih susah, jenisnya beda-beda ada yang disuruh ngurutin huruf, angka dari yang paling awal sampai akhir dan juga tes mirror, waktunya singkat banget cuma 3 atau 5 menit kita udah diminta berhenti dan ngelanjutin ke soal yang lain.
Ini tesnya membutuhkan konsentrasi tinggi dan gue nyesel banget waktu itu gue gak makan siang :'
Setelah tes ini dilanjutin dengan Leaderless Group Discussion (LGD). Oh iya, sedikit informasi LGD dan FGD itu walaupun sama-sama grup diskusi namun berbeda ya. LGD ini diskusi yang berjalan benar-benar diserahkan kepada forum.
Sebelum LGD, fasilitatornya menjelaskan SMEDP itu program apa, posisi yang akan lo isi adalah sebagai Relationship Manager untuk Lending.
Di bank sendiri ada dua kegiatan inti yaitu funding yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat dan lending yaitu menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat. Dijelaskan juga benefit apa aja yang bakal lo dapatin di CIMB Niaga, bahkan nominal gaji pokok lo juga dikasih tau dan lo juga bakal dapat tunjangan tranportasi dan pulsa. Dengan potongan 10% dan Jamsostek 2%. Total Take Home Pay lo sekitar 5,4 juta. Terus juga ada bonus jalan-jalan ke luar negeri kalo lo achieve target yang perusahaan kasih dan kalo lo nikah juga dikasih hadiah pernikahan dari perusahaan. 1x gaji lo kalo gue gak salah ya. Lumayanlah ya untuk seorang fresh graduate.
Jujur gue gak punya bayangan banget LGD itu gimana cuma yaudahlah gue jalanin aja dengan percaya diri.
Disitu kita dibagi 2 group, 1 group gue waktu itu isinya 6-7 orang gue agak lupa :(
Kita dikasih 1 kasus dengan 3 soal, kita juga diberi waktu selama 15 menit untuk berdiskusi dan disitu ada 1 fasilitator yang memantau proses diskusi kita.
Seinget gue waktu itu soalnya kurang lebih lo diberi target 120 M untuk penyaluran kredit oleh perusahaan.
Pertanyaannya,
1. Bisnis apa yang mau lo beri pinjaman kredit
2. Kenapa bisnis ini mau lo kasih kredit
3. Bagaimana cara lo approach ke calon prospekan
Waktu itu gue minta satu orang untuk mencatat dan masing-masing orang menyampaikan pendapatnya.
Kemudian setelah waktu diskusi habis, 1 orang diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kita.
Hasil diskusi kelompok gue waktu itu bisnis yang diincar macam-macam, gak cuma terbatas ke perdagangan tapi ada coffee shop dan bahkan IT.
Selesai presentasi, fasilitatornya bilang bahwa kelompok gue lebih bervariasi idenya.
Sebelumnya juga dijelaskan bahwa seleksi ini selain untuk SMEDP, juga untuk Mortgage Relationship Manager Development Program (MRMDP) alias Relation Manager untuk KPR rumah. Jadi kalo lo gak masuk SMEDP, lo tetep bisa masuk MRMDP. Fyi, analisis untuk pinjaman KPR rumah gak serumit analis pinjaman kredit produktif.
Setelah itu kita dipersilahkan untuk pulang dan kalau lulus ke tahapan selanjutnya, akan dikabari paling lambat 1 minggu setelah seleksi hari ini.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW DAN BIAYA VENDOR PERNIKAHAN BANDUNG

REVIEW DAN BIAYA VENDOR LAMARAN BANDUNG

Seleksi Officer Development Program (ODP) BNI